Kamis, 19 Maret 2009

AWALNYA BRIMOB

AWALNYA TENTANG BRIMOB


Gw punya cerita saat gw masih duduk di bangku kuliah. Saat itu kampus gw melaksanakan kegiatan yang namanya Bakti Sosial di daerah perkampungan nelayan (kampung pesisir) desa sidomulyo lampung. Saat gw mendirikan tenda rekan gw bernama franto, mengeluarkan alas tidur dan bertuliskan polisi, rompi yang ada termos nya lho, terus tempat masak atau kompor kecil. Gw sempat bingung, kok polisi punya alas tidur ya???untuk apa ya??tapi pertanyaan tersebut tetap gw simpan sampai saat mendirikan tenda selesai. Saat selesai gw lalu bertanya, “franto” “kok Polantas punyo alas tidok e?becak PA bae (pecinta alam. Red) (kok polisi punya alas tidur ya seperti PeA AJA ; gw orang palembang, saat itu lidah gw rasanya tebal banget kalau bicara bahasa indonesia, kebetulan franto juga punya darah palembang). Dia jawab”bri, bukan polantas bawa ini, tapi BRIMOB” wuihhhhhh. Tambah bingung dah!! Opo meneh Brimob Iku (jowo red). Dia jelasin buanyak banget tentang brimob. Tapi tetep aja gw gak ngerti. Setelah dia jelasin, gw tutup dengan doa….o mak itu ye (o gitu toh)….tetap aja gw gak ngerti.

Di otak gw taunya polisi itu polantas (saat itu lho……perlu diperjelas nih. SAAT ITU LHO!!!!!). mana gw tahu apa itu BRIMOB dan gw juga gak mau tau juga sih. Tentang polisi tentunya. Tapi kalo tentang ilmu pengetahuan gw mau tahu (hahahaha sok lu bri!!!). mungkin saat itu gw pernah punya pengalaman ga enak tentang polisi, Soalnya gw pernah ketilang saat mau nganter proposal kegiatan ke kantor gubernur. Waktu itu razia gabungan. Kesalahan gw sama kawan gue (namanya prasetyo). Cuma ga punya spion. (Cuma !!!!!!!???). Menurut gw spion itu penting coy…soalnya kalau mau motong kendaraan perlu lihat spion dulu, kira-kira ada gak yang dibelakang kita kan bahaya noh!!! (kalau dipikir sekarang yaaa…., kalau dipikir saat itu…gw rasa gak penting banget, yang penting duit makan sama kos-kosan huahahahaha)..kembali ke topic/
Ternyata gw baru tahu kalau Brimob itu polri juga. Gw tahu saat gue dikasih tau bokaf gue. Bokaf gue anak tentara, kakek gw itu tahu betul seluk beluk sejarah di Indonesia, walaupun bukan perwira tinggi tapi kiprahnya wuihh seabreg dah (mungkin kalau kakek gue gak banyak masalah dulu mungkin kakek gue pangkat nya saat pensiun sudah jendral kali ya).nah dari bokaf gw lah gw lebih paham tentang brimob.

Kalau gw kasih tau tentang brimob lu musti tahu dulu sejarahnya dah. Awalnya saat penjajahan jepang (weleh..weleh ingat pak ibrahim guru sejarah SMU Gw). Pada zaman itu polisi jepang membentuk suatu polisi istimewa. Dari sinilah brimob tumbuh, seiring dengan waktu nama polisi istemewa tersebut berubah menjadi MOBRIG, nama ini akrab saat masa penjajahan jepang. Mobrig terlibat penumpasan berbagai gerakan separatis di nusantara, mulai dari pemberontakan kartosuwiryo, DI TII, pembebasan Irian barat dan masih banyak operasi lainnya. Kemudian MObrig berubah nama menjadi BRIMOB. Saat presiden Sukarno menjabat, Brimob mendapat penghargaan pertama yang prestisius saat itu Yaitu Anugrah sakanti yana utama. Kenapa?karena Brimob telah mendedikasikan dirinya untuk Negara dengan penuh dedikasi tinggi.wuihhhh…. apa gak ngeri tuh. Pada saat itu hanya Brimob pasukan yang mendapat anugrah tersebut.

Tidak ada komentar: